4 Tips Bobok Knalpot RX King

Image | https://i.pinimg.com

Buat kamu yang hobi memodifikasi motor, khususnya dengan Yamaha RX King, terutama pada bagian knalpotnya, tentu istilah bobok knalpot RX King sudah tidak asing lagi. Sebagaimana yang kita ketahui, untuk meredam kebisingan dan mendukung performanya, motor sudah dilengkapi dengan knalpot standar bawaan pabrik.

Namun, untuk meningkatkan performanya, kamu dapat menggunakan knalpot racing atau knalpot bobokan. Buat kamu yang masih awam dan masih asing dengan istilah bobok knalpot, artikel kali ini dapat menjadi informasi tambahan agar kamu gak gagal paham mengenai bobok knalpot. Selamat membaca.

Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Bobokan

Knalpot racing memiliki desain yang beragam yang umumnya dijual di aftermarket. Mulai dari yang tabungnya berbentuk bulat, oval, atau silencer yang panjang. Harga yang ditawarkannya pun variatif, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Biasanya harga dipatok berdasarkan kualitas bahan yang digunakan.

Penggunaannya dapat menghasilkan suara yang khas dan meningkatkan performa dari motor. Sementara itu, knalpot bobokan adalah knalpot standar (original) yang telah dimodifikasi. Misalnya, sekat yang ada dalam silencer dilepas, lubang diameternya diperbesar, atau bagian peredam dalam silencernya dikurangi sehingga akan menghasilkan suara yang lebih nyaring ketika di gas full.

So, buat kamu yang ingin tetap menggunakan knalpot standar, tapi dengan suara yang lebih nyaring dan performa yang meningkat dibandingkan knalpot standar, bobok knalpot merupakan pilihan yang tepat.

Kelebihan Bobok Knalpot

Ada beberapa kelebihan jika ingin melakukan bobok knalpot, yakni:

  • Bobok atau memodifikasi knalpot standar dapat disesuaikan dengan selera. Sebagai contoh suara knalpot dapat dibuat halus saat pelan dan nyaring ketika motor di gas atau sebaliknya.
  • Biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa bobok knalpot juga terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan mengganti dengan knalpot racing.
  • Jika dibandingkan dengan knalpot standar, performanya lebih meningkat. Namun jika kamu menginginkan performa yang lebih baik, maka mengganti dengan knalpot racing dapat menjadi pilihan.

Tips Membobok Knalpot RX King

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membobok knalpot, biasanya proses bobok knalpot dilakukan dengan menyesuaikan bentuk dari silencer knalpot.

So, kamu juga dapat menggunakan trik tersebut, kamu dapat membeli silencer RX King yang banyak dijual di pasaran.

Harganya pun cukup bersaing, tetapi karena suara knalpot berkaitan dengan selera pengguna. Maka banyak yang membobok knalpot RX King agar dapat menghasilkan suara yang diinginkan. Berikut ini, tips membobok knalpot RX King yang dapat kamu coba.

  • Langkah pertama adalah mengubah bentuk silencer menjadi lebih pendek. Hal ini dilakukan agar dapat dihasilkan karakter suara yang berbeda dari knalpot standar.
  • Pada silencer yang memiliki ukuran yang lebih besar, lubangnya dapat ditutup dan menyisakan sedikit celah hanya pada ujung knalpotnya saja.
  • Untuk menghasilkan suara yang benar-benar nyaring, kamu perlu memastikan bahwa gasbul yang dipasang tidak terlalu padat. Trik ini biasanya membuat suara knalpot RX King lebih nyaring.
  • Namun jika kamu menginginkan suara yang lebih adem dapat dilakukan dengan memadatkan gasbul pada knalpot RX King.

Beberapa tips di atas dapat kamu coba untuk membuat suara knalpot RX King lebih nyaring. Tapi kalau kamu mau yang praktis dan gak repot. Kamu tinggal membawa motor mu ke bengkel yang menyediakan jasa bobok knalpot RX King.

Kalau kamu lagi mager, serach aja www.knalpott.com ya. Kamu dapat memperoleh informasi penting seputar knalpot.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!