6 Trik Memperoleh Suara Knalpot RX King yang Nyaring dan Ngebass

Image | https://i.pinimg.com

Motor RX King, siapa yang tidak kenal dengan motor 2 tak yang memiliki performa yang tinggi sehingga dijuluki sebagai raja jalanan. Meskipun, saat ini tidak diproduksi lagi. Tapi ciri khas yang dimilikinya, membuat RX King memiliki tempat tersendiri di hati para bikers.

Di antara kelebihan yang dimilikinya adalah suara knalpot RX King dapat dibuat lebih nyaring dengan cara memodifikasinya. Agar tarikannya lebih kencang dengan performa yang optimal atau membuatnya lebih eye caching maka modifikasi RX King bisa dilakukan pada bagian mesin dan suku cadang lainnya yang terkait.

Nah, berkaitan dengan suara, salah satu suku cadang RX King yang kerap dimodifikasi adalah knalpot. Knalpot merupakan saluran pembuangan gas sisa proses pembakaran di dalam mesin. Hal yang diharapkan dari pemodifikasian knalpot ini adalah suara yang lebih nyaring dan gahar sebagaimana motor moge.

Ulasan berikut akan membahas beberapa trik yang dapat dilakukan agar suara knalpot RX King menjadi lebih nyaring dan gahar.

Membobok Knalpot

Bobok knalpot merupakan salah satu cara memodifikasi knalpot standar menjadi knalpot yang lebih stylish dan tentu saja dengan suara yang lebih nyaring.

Caranya dengan menghilangkan sekat yang terdapat pada knalpot standar, yaitu kondisi yang dapat menghambat ledakan dari suara motor yang dihasilkan oleh mesin.

Namun, agar kondisi RX King mu tetap prima dan tetap aman digunakan berkendara, proses bobok knalpot ini harus dilakukan dengan tetap memperhatikan keselamatan berkendara ya, guys. Karena proses bobok ini dapat mengakibatkan munculnya tekanan balik pada mesin yang dapat berimbas menurunnya performa putaran dari mesin dan tidak maksimalnya tenaga yang dihasilkan.

Menutup Mulut/Moncong Knalpot

Cara lain yang dapat kamu coba untuk menghasilkan suara yang lebih nyaring pada knalpot RX King mu adalah dengan menutup mulut atau moncong dari knalpot.

Yang musti kamu perhatikan adalah teknik penutupannya, jangan sampai bagian mulut knalpot ini tertutup total, pastikan terdapat lubang kecil pada bagian tengahnya. Fungsi pemberian lubang kecil pada bagian tengahnya agar dapat mengeluarkan gas sisa dari pembakaran di dalam mesin.

Menambah Mulut/Moncong Knalpot

Cara ini sedang tren dilakukan oleh para modifikator muda, guys. Konsep ini disebut thailook. Prosesnya dengan menambahkan corong pada bagian ujung dari knalpot. Cara ini dapat membuat suara knalpot racing menjadi lebih nyaring dan ngebass.

Menggunakan Pipa Penghubung Baru pada Knalpot

Untuk mendapatkan suara knalpot yang lebih nyaring dan ngebass dapat dilakukan dengan mengganti pipa penghubung pada bagian pangkal dan ujung knalpot. Hal itu bisa dilakukan dengan pipa yang memiliki ukuran yang lebih besar.

Menipiskan Glasswool atau Gasbul pada Knalpot

Glasswool atau gasbul berfungsi untuk menyaring gas sisa yang dihasilkan mesin sebelum dikeluarkan. Mengurangi jumlah penggunaan glasswool dapat membuat suara knalpot menjadi lebih nyaring dan ngebass.

Buat kamu, yang ingin mencoba cara ini, harus memastikan kondisi dari glasswool karena glasswool yang tipis dapat menjadi salah satu penyebab pecahnya suara knalpot.

Memakai Sound Booster

Bila dibandingkan dengan cara lainnya, menggunakan sound booster relatif lebih aman karena tidak perlu memodifikasi bentuk knalpot standar. Penggunaan sound booster dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan mudah dalam proses pemasangannya.

Itulah beberapa trik yang dapat kamu coba untuk membuat suara knalpot mu lebih nyaring dan ngebass. Namun tetap perhatikan keselamatan ya guys ketika memodifikasi knalpot. Nah, buat kamu yang pengen tahu seputar knalpot bisa diakses via www.knalpott.com ya. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!